Friday 7 June 2019

Tutorial Belajar HTML : Struktur Dasar HTML

Memahami Struktur Dasar HTML


Penting untuk diketahui bahwa dalam pemembuat dokumen HTML harus lah mengikuti standar yang ada yaitu mulai dari Tag DTD (DOCTYPE), Tag html, Tag head, Tag title, dan Tag body. Struktur dasar ini biasanya selalu ada dalam setiap dokumen HTML. Berikut ini adalah contoh dari struktur dasar HTML :

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <title>Selamat Datang</title>
  </head>
  <body>
Pengenalan Bahasa HTML
  </body>
</html>

Tag < !doctype  html>
Tag inilah yang berfungsi untuk memberitahu kepada browser bahwa dokumen yang akan diproses adalah HTML. DTD (DOCTYPE) adalah singkatan dari Document Type Declaration.

Tag <html>
Tag inilah yang akan menampung seluruh halaman web dan semua kode html harus berada di dalam tag ini. Mulai dari <html> sampai  dengan </html> 

Tag <head>
Tag ini biasamya berisi metadata, kode css ataupun javascript. Namun biasanya javascript di letakan sebelum Tag </body> untuk mencagah telambat nya loading halaman web.

Tag <title>
Tag ini, teks akan di tampilkan di tab bar / title bar.

Tag <body>
Tag ini berisi konten yang akan di tampilkan di browser berupa teks, gambar ataupun video. Sebagian besar source code yang kita buat akan diletakan pada bagian ini. Tag ini, teks akan di tampilkan di tab bar / title bar. Tag <body> Tag ini berisi konten yang akan di tampilkan di browser berupa teks, gambar ataupun video. Sebagian besar source code yang kita buat akan diletakan pada bagian ini.

No comments:

Post a Comment